Minggu, 10 Februari 2013

Jama' solat saat hujan?

Dari twitter, saya banyak mendapatkan ilmu. Salah satu yang baru saya tahu adalah tentang bolehnya menjama’ solat saat hujan, ini semacam diskon. Pertama kali tahu tentang ini saya heran, kok aneh ya? Memangnya kenapa kok sampai diberi diskon (Saya pikir, mungkin ini hadisnya benar, hanya saja tidak kontekstual)

Akhirnya, setelah ditanyakan ke Buya Syakur saya mendapat ‘pencerahan’



Jadi, mari bayangkakn 15 abad yang lalu….

Rumah-rumah orang arab itu atapnya hanya dari pelepah kurma, dan hujan di arab itu bukan main derasnya. Bayangkan, hujan deras dengan atap rumah dari pelepah kurma, (sudah dibayangkan belum?) banyak air masuk ke dalam rumah. Bayangkan betapa repot dan sulitnya menunaikan solat dalam keadaan seperti itu. Karenanya, akhirnya diberikanlah diskon dengan bolehnya menjama’ solat saat hujan. Begitulah konteks saat hadis ini turun.

Nah, sekarang.. saat kita di rumah dan terlindung dari hujan, wudu pun tinggal buka kran, begitu mudahnya. Mau ikut mengambil diskon? Ya silakan saja kalau tidak malu.

Tidak ada komentar: